Tuesday, January 12, 2016

Teknologi USB Type-C

USB Type-C adalah port terbaru dari Universal Serial Bus, mulai berkembang dan popular dalam awal tahun 2015 ini. Awalnya USB Type-C diperkenalkan di Shenzhen, China pada tahun 2014, kemudian perusahaan Apple dengan macbooknya mengadopsi USB Type-C tersebut.
Pada port USB Type-C ini anda tidak perlu khawatir dalam pemasangannya, kalau dengan generasi sebelumnya anda masih salah memasukan atau terbalik, pada USB Type-C ini tidak akan berpengaruh karena bagian dalam portnya sama saja bentuknya hanya perlu memasukan saja hingga terdengar bunyi klik.











Teknologi USB Type-C ini memungkinkan mentransfer data hingga 10Gbps dan untuk power maksimum outputnya sendiri memiliki 20V dan 5A, tentu saja dengan arus yang besar seperti ini USB Type-C akan menjadi alternatif pengisian daya gadget di masa mendatang. Dalam penerapannya USB Type-C ini sudah mulai dipakai oleh banyak gadget, pada awalnya Apple dengan macbooknya, lalu beberapa smartphone yang mulai hijrah ke port ini, dan motherboard komputer generasi terbarunya.

Yang menjadi permasalahannya adalah daya tahan si USB type-C, seperti yang kita ketahui banyak pengguna smartphone yang mengeluh tentang kabel usb, mulai dari terkelupas, putus, ataupun rusak dalam portnya. Di Indonesia sendiri USB type-C masih jarang keberadaannya. Jadi apabila kita memiliki gadget dengan USB type-C kita harus merawatnya agar tidak terjadi masalah, karena ketersediaan perangkat yang masih kurang.



                 http://www.usb.org/developers/usbtypec/

No comments:

Post a Comment