Tuesday, July 1, 2014

Tugas Pengantar web science web edukasi

Nama:   Andre Yulian       (50412818/2IA11)
 Genta Tambunan (53412113/2IA11)
 



Banyak cara membuat situs website,salah satunya dengan menggunakan joomla, di sini kami akan menerangkan langkah langkah membuat web dengan joomla.
Pertama-tama kita harus mempunyai:

1.      Aplikasi joomla
2.      Aplikasih XAMP
3.      File zilla

sebelum menginstall Jommla, kia memerlukan sebuah server, sehingga Jommla dapat disintall dan dijalankan di komputer lokal tanpa harus terhubung ke internet. Maka kita akan menginstall XAMPP
1. Klik dua kali icon XAMPP yang anda miliki




2. Klik next pada halaman setup wizard

3. Klik install dan proses akan berjalan, jika sudah selesai, klik finish

















setelah pengaturan selesai, selanjutnya kita akan menginstall joomla. semeblumnya kita harus menjalankan service Apache dan MySql dahulu.

Caranya adalah sebagai berikut :


    1. Buka XAMPP melalui Start – All Program – Apachefriends- XAMPP – Control XAMPP Service
        Panel.
    2. Klik Start pada bagian Apache.
    3. Klik Start pada bagian MySql. Maka XAMPP telah berjalan.
























CARA MENGINSTAL JOOMLA
Setelah menjalankan service Apache dan MySql, selanjutnya kita bisa menginstal Joomla. Berikut adalah cara menginstal Joomla:
  1. Buat folder di C – Program Files – XAMPP – Htdocs. Pada contoh kali ini, buat folder joomla






















  1. Copy seluruh isi folder Joomla dari Internet.
  2. Buka browser, lalu ketik localhost/joomla. Kemudian tekan Enter. Secara otomatis akan membuka file index.php di folder joomla/instalation. Kemudian klik next.














  1. Isi formulir yang disediakan.



























  1. Lengkapi isi formulir
- Database Type : mysql
- Host Name : localhost
- Username : root
- Password : (kosongkan)
- Database Name : zaelanidb (contoh)















       
    1. Klik next. Kemudian klik OK jika semua isian telah benar.














    1. Masukkan nama situs (nantinya akan muncul di Title bar). Misalnya saja www.zaelaniakbar.com
    2. Kemudian isi alamat email dan ganti pasword yang diberikan (nantinya akan menjadi pasword admin).
    3. Klik Install Sample Data.


    1. Klik next.


    1. Klik view site untuk melihat halaman website yang telah Anda buat. Anda diminta untuk menghapus folder Instalation untuk bisa mengakses situs yang telah dibuat. Buka kembali windows explorer dan hapus folder Instalation di folder joomla.




    1. Refresh internet explorer (tekan tombol F5). Tampilkan halaman utama Joomla.


    1. Untuk mengubah/mengatur tampilan beserta isinya, dapat dilakukan di bagian administrator.
    Masukkan username dan passwordnya.




    1. Tampilan utama administrator yang berisi Control Panel, yang selanjutnya dapat kita ubah sesuai kebutuhan kita untuk membangun sebuah website



    1. Sebelum mengatur hal lain, sebaiknya atur terlebih dulu Global Configuration.
    1. Tampilan website setelah diubah

    Membuat menu serta artikel pada website yang kita buat:
    Di sini saya memberi nama website saya “Catatan Reza Pahlevi”, karena saya ingin membagi berbagai tulisan serta artikel yang saya buat kepada orang-orang melalui website yang saya buat. Di bawah ini adalah tampilan control panel (administrator) pada website saya, di dalam joomla ketika kita mengedit website yang kita buat seperti mengubah template website, mengisi artikel, menambahkan berbagai atribut lain kita harus masuk terlebih dahulu sebagai admin dan mengeditnya melalui control panel, seperti gambar di bawah ini halaman administrator pada website





    Pada joomla ketika kita ingin membuat suatu menu kita mengeditnya dengan cara masuk ke dalam menu lalu memilih dimana kita akan membuat menu untuk website kita, caranya ialah dengan memilih New jika kita ingin membuat menu baru, di sini saya menggunakan Main Menu, Top Menu, User Menu, Situs Saya, Examples Pages, Key Concepts dan Universitas Gunadarma. Pada bagian Main Menu saya membuat lagi beberapa section dari main menu diantaranya ada Home, Pengetahuan, Seputar TI, Sepakbola, FC Internazionale Milano, Islami, Link Joomla serta Hubungi Saya. Pada bagian section inilah saya membuat artikel berdasarkan kategorinya masing-masing.
    Pada joomla ketika kita ingin membuat suatu artikel kita harus membuat section dan kategorinya, oleh karena itu sebelumnya saya membuat section pada bagian menu serta beberapa categorinya, misal pada section Seputar TI saya membuat beberapa categori seperti Internet, Jaringan Komputer dan Tips. Lalu setelah itu saya membuat artikel berdasarkan section dan categorinya yang sudah saya tentukan sebelumnya.
    Tampilan Menu Manager , di sini tempat dibuatnya berbagai Menu pada website yang kita buat



    Tampilan Menu Item Manager, di sini tempat dibuatnya berbagai Section dan Categori untuk menulis artikel pada website kita

    Mengatur template yang akan digunakan pada website:
    Pada joomla hampir sama seperti pada blog, kita bisa mengatur sendiri template yang akan kita gunakan pada website kita bisa mendownload pada situs yang menyediakan template joomla ataupun kita bisa membuatnya sendiri. Di sini saya menggunakan salah satu template yang disediakan situs penyedia template joomla, setelah filenya kita download kita bisa mengaturnya dengan memilih menu extension-install/uninstall, langkah pertama kita menginstall file templatenya ke dalam joomla setelah itu msuk ke dalam menu template manager dan mengganti template default dari situs joomla dengan template yang sudah kita download sebelumnya.
    Tampilan awal (home) dari website yang saya buat terdapat berbagai Menu dan Section yang saya buat serta template yang saya ubah





    Menambahkan ekstensi dan komponen lain pada website kita

    Untuk mempercantik website yang kita buat, jjomla telah mengaturnya dalam suatu paket yang bernama ekstensi, atau pada blog disebut gadget. Joomla telah menyediakan berbagai macam ekstensi-ekstensi yang bisa kita download. Untuk mengatur ekstensi ini muncul di website kita caranya ialah setelah kita mengupload filenya pada control panel administration kita bisa mengaturnya pada bagian extension kita pilih modul manager lalu kita pilih tanda centag dan publish pada ekstensi yang akan kita tanpilkan pada website yang kita buat, pada website saya, saya menambahkan beberapa ekstensi yaitu google translator, jam biner, serta jcomment yang berfungsi agar pengunjung website kita dapat menambahkan komentar pada artikel yang saya buat. Tampilannya seperti di bawah ini: 



    Tampilan ketika kita ingin memosting artikel pada website:






    Tentang web edukasi:

    disini saya akan memilih National Geographic dan Discovery Channel.


    National Geographic, salah satu website terkenal yang berasal dari amerika serikat, tidak hanya website, media cetak maupun acara televisi melalui tv kabel adalah medianya. Awalnya ini adalah sebuah yayasan yang didirikan oleh 33 orang yang tertarik meningkatkan pengetahuan geografi mereka. Gardiner Greene Hubbard adalah presiden pertama, dan sekarang digantikan oleh Alexander Graham Bell.

    Yayasan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan umum geografi dunia. sekarang nat geo ini berkembang menjadi luas, tidak hanya pengetahuan georafi, tetapi pengetahuan anak, luar angkasa, sejarah hewan-hewan dan lain lain.


    berikut ini adalah isi isi dari website National Geographic:






    Discovery Channel, hampir mirip dengan NatGeo Discovery channel adalah salah satu website yang saya pilih sebagai web edukasi yang menarik. Discovery ini menampilkan pengetahuan umum di bidang apa saja Website ini dikembangkan oleh amerika serikat, tak hanya website discovery ini juga menayangkan pengetahuan melalui tv kabel dan satelit.

    isi dari discovery channel:






    Saya memilih kedua website tersebut sebagai web edukasi yang menarik karena kedua tersebut sudah tidak asing lagi di dunia sebagai website/tayangan yang berisi edukasi-edukasi, dan mereka selalu mempunyai berita atau pengetahuan yang up to date, jadi membuat si pembaca tertarik.

    1 comment:

    1. Great post . This article is really very interesting and enjoyable. I think its must be helpful and informative for us. Thanks for sharing your nice post .
      live football scores

      ReplyDelete